Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Ember

Budidaya ikan lele dalam ember sepertinya hanya lelucon. Padahal, metode ini mudah dilakukan lho. Pada dasarnya pembiakan ikan lele dilakukan melalui media kolam besar. Namun, tidak semua orang memiliki area yang luas. Kemudian pilih berbagai jenis media yang mudah disesuaikan.

Budidaya ikan lele di ember akan sangat murah. Atau tidak membutuhkan tanah dalam jumlah besar untuk memulai. Metode ini bahkan dipilih dengan sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

budidamber

Untuk membiakkan ikan lele ember digunakan sebagai media paling praktis . Cocok untuk daerah perkotaan yang padat penduduk. Untuk memulai, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan berikut dan kebutuhan lain:

  • Siapkan ember 80 liter atau berdiameter 50 cm.
  • Biji lele
  • Kawat Strimin


Cara budidaya ikan lele dalam ember sebagai berikut ini:

  • Melubangi ember di bagian bawah saluran pembuangan. Saluran yang Anda juga dapat menerapkan keran air untuk memfasilitasi pembuangan.
  • Isi ember dengan air. Namun, air ember tidak boleh terlalu penuh. Tujuannya agar lele dapat menghirup oksigen dengan baik.
  • Biarkan air selama 3 hari agar tidak terlalu asam. Jika airnya terlalu asam, tambahkan setengah sendok makan garam. Dengan cara ini, air akan memiliki pH netral.
  • Tambahkan 60 lele ke jumlah maksimum ukuran ember.
  • Untuk saluran air, saring filter bak cuci. Selain itu, filter juga akan memastikan bahwa ada cukup oksigen untuk ikan lele.
  • Gunakan strimin untuk menutup ember agar lele tidak melompat keluar ember.
  • Pastikan untuk menempatkan ember di area kosong yang terkena sinar matahari .

Pakan Ikan Lele

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah Pakan lele. ember adalah lingkungan terkecil untuk budidaya ikan lele. Karena itu, nutrisi yang perlu disiapkan tidak perlu banyak. benih lele maksimal 50 – 60 ekor saja.

Siapkan makanan ikan lele hingga 4 kg. Makanan ini ekonomis karena diberikan 3 kali sehari. Jumlah pakan untuk satu kali panen.

Perlu Anda ketahui bahwa ikan lele adalah sejenis hewan nokturnal. Mereka akan melakukan banyak kegiatan di malam hari. Begitu juga memberi makan mereka di malam hari. Karena mereka akan serakah di malam hari.

Pemberian pakan lele tidak boleh telat. Karena ketika ada banyak ikan kelaparan untuk , mereka akan kanibalisme / saling makan antar lele. Terlepas dari nutrisi yang biasa, pastikan bahwa kualitas pakan yang dipilih baik.

Masa panen ikan Lele

Idealnya, lele dapat dipanen sekitar 2,5 hingga 3,5 bulan setelah di budidaya. Namun, waktu panen dapat bervariasi tergantung pada ukuran benih yang Anda pilih. Ukuran di atas untuk spesies lele mulai 5-7 cm. Seperti di atas, waktu panen bisa lebih pendek. Dengan ukuran benih 8 hingga 10 cm, misalnya, Anda dapat memanennya dalam 2 hingga 2,5 bulan.

Karena ukurannya kecil, panennya tentu tidak sebesar budidaya di kolam. Secara umum, lele yang dibudidayakan sendiri hanya ditujukan untuk konsumsi sendiri. Bagi yang menjualnya, manfaatnya tidak sebesar di tambak tradisional.

Demikian ulasan tentang kemungkinan dan keuntungan pengembangbiakan ikan lele dalam ember. Bagi yang ingin mencobanya, Anda bisa melakukannya di rumah dengan modal murah. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *